Sabtu, 09 April 2011

Pemakaian WEB dalam masyarakat

Penggunaan Web menyebar dengan cepat ke sebagian besar wilayah masyarakat dan kehidupan sehari-hari. Di banyak negara, Web adalah semakin banyak digunakan untuk informasi dan pelayanan pemerintah, pendidikan dan pelatihan, perdagangan, berita, interaksi di tempat kerja, partisipasi masyarakat, perawatan kesehatan, rekreasi, hiburan, dan banyak lagi. Dalam beberapa kasus, Web adalah mengganti sumber daya tradisional dan pelayanan.
Web adalah medium yang penting untuk menerima informasi serta untuk memberikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Oleh karena itu, adalah penting bahwa Web dapat diakses dalam rangka memberikan akses yang sama dan kesempatan yang sama untuk orang-orang cacat. Hal ini hak dasar manusia diakui dalam KonvensiPBB tentang Hak Penyandang Cacat , yang secara khusus menyebutkan internet dan informasi yang dapat diakses lainnya dan teknologi komunikasi (ICT). Sebuah Web dapat diakses juga dapat membantu orang dengan cacat dan orang tua lebih aktif berpartisipasi dalam masyarakat.
Web adalah kesempatan yang belum pernah terjadi untuk informasi bagi penyandang cacat.Artinya, hambatan aksesibilitas untuk mencetak, audio, dan media visual bisa jauh lebih mudah diatasi melalui teknologi web. Misalnya, ketika cara utama untuk mendapatkan informasi tertentu adalah pergi ke perpustakaan dan membacanya di atas kertas, ada hambatan yang signifikan bagi banyak orang penyandang cacat, termasuk mendapatkan ke perpustakaan, mendapatkan sumber daya fisik, dan membaca sumber daya.
Ketika itu informasi yang sama juga tersedia di Web dalam format diakses, maka lebih mudah bagi banyak orang untuk mengakses informasi. Oleh karena itu, para penyandang cacat dapat memiliki lebih akses yang efektif dan efisien untuk informasi melalui website dapat diakses - dalam beberapa kasus, mana ada dasarnya tidak ada akses ke sana sebelumnya.
Web adalah kesempatan untuk interaksi belum pernah terjadi sebelumnya bagi penyandang cacat. Sebagai contoh, beberapa cacat membatasi jenis pekerjaan yang seseorang dapat lakukan dan Web dapat diakses dapat meningkatkan pilihan pekerjaan mereka. Sebuah Web dapat diakses juga memperluas kesempatan untuk komunikasi, interaksi sosial, dan partisipasi masyarakat untuk para penyandang cacat dan orang tua dengan gangguan yang berkaitan dengan usia.

Kendala Dalam penggunaan WEB
Saat ini ada hambatan yang signifikan di Web bagi banyak orang cacat. Karena pengembang web yang paling tidak membuat halaman web mereka dan alat web diakses, banyak orang dengan kebutuhan aksesibilitas memiliki kesulitan yang tidak perlu menggunakan Web, dan dalam beberapa kasus, tidak dapat secara efektif menggunakan Web sama sekali. Misalnya, ketika pengembang membutuhkan interaksi mouse untuk menggunakan sebuah website, orang-orang yang tidak dapat menggunakan mouse dapat memiliki kesulitan besar, dan ketika pengembang tidak mencakup teks alternatif untuk gambar penting, orang-orang yang buta tidak bisa mendapatkan informasi dari gambar. Banyak hambatan tersebut juga berdampak pengguna yang lebih tua dengan aksesibilitas kebutuhan akibat penuaan.
Namun, ketika situs web dapat diakses, mereka memungkinkan penyandang cacat untuk menggunakan Web efektif. Dokumen Bagaimana Orang Cacat Gunakan Web mencakup skenario yang menggambarkan orang-orang cacat yang berbeda berhasil menggunakan Web.