Minggu, 17 April 2011

Web Pemerintah dan Standar Keamanannya

Pengetahuan, klisenya adalah kekuasaan. Sebuah web secara dramatis menggeser struktur yang mendasari pengetahuan dan aksesibilitas dan telah mengubah struktur kekuasaan dengan cara-cara yang tak terduga. Kekuasaan telah bergeser, dan ini menimbulkan pertanyaan tentang pemerintahan Web. Bagaimana seharusnya hal-hal diatur untuk memastikan perkembangan yang berkesinambungan dari sebuah Web?
Kita telah lihat, dalam Bagian 5.4.6, peraturan tidak bisa menjawab segalanya. Masalah umum dari penguasaan web adalah bahwa dengan struktur desentralisasi sulit untuk menegakkan standar, dan dengan jumlah yang sangat besar dari pengguna yang tidak terlatih atau relatif tidak tertarik hal-hal sederhana yang harus dijaga. Tapi kesederhanaan itu tidak dapat diijinkan untuk dipertahankan dan dilaksanakan kepada orang-orang yang mampu merumuskan kebijakan tentang akses dan kontrol. Hal ini dikatakan bahwa kurangnya kontrol informasi telah menghambat pertumbuhan Web dengan membuat masyarakat enggan untuk menghadirkan suatu informasi dan membaginya dengan masyarakat.
Penyedia informasi yang berbeda, dengan kebijakan berbeda mengatur kontrol informasi (atau memang tidak ada kebijakan sama sekali), akan memiliki masalah pembagian, dan masalah akan bertambah buruk jika pembagian dilakukan pada tingkat kasar suatu laman web, dokumen atau website, bukan pada tingkat halus dari informasi individual. Di sisi lain tangan, adalah sama benar bahwa ada sejumlah platform, protokol dan arsitektur yang memfasilitasi keamanan informasi, tetapi tidak banyak digunakan. Dan kendala yang ditambahkan adalah infrastruktur yang harus mengaktifkan keamanan, privasi dan kepercayaan tanpa mengganggu pengguna dengan konstan informasi atau permintaan untuk izin. Pemerintahan Web tidak dapat diabaikan oleh Web Science. Kita mulai diskusi kita dari aspek ruang dengan proses penetapan standar dan
pembuatan kebijakan.
6.1 Standar dan kebijakan
Pengaturan standar memungkinkan industri besar menghemat biaya dan begitu juga untuk hal baik lainnya. Tapi ada perangkap tersembunyi. Mungkin satu atau dua perusahaan besar memiliki kemampuan dalam industri untuk mendominasi standar, dan memastikan bahwa pesaing yang lebih kecil dan pemasok mengikuti. Negosiasi standar, di mana semua orang lebih suka standar daripada tidak standar, kemungkinan untuk menghasilkan yang terbaik dalam suatu industri, dan keberadaan badan yang efektif, dirasakan menjadi netral, adalah salah satu aspek penting dari penguasaan web.
Dalam permasalahan web, standar diperlukan untuk menjamin pelestarian sifat esensialnya arsitektur, dikombinasikan dengan desentralisasi, fleksibilitas dan kegunaan, dalam lingkup di mana aspek sosial digunakan belum tetap. Berbagi informasi secara tradisional telah terbatas, dan tertanam dalam konteks dipahami dengan baik. Jadi, misalnya, berbagi foto secara tradisional melibatkan menyerahkan fisik objek. Lintasan suatu objek relatif mudah dilacak. Penyalahgunaan objek relatif terdeteksi. Dan bahkan jika yang sebenarnya bersalah karena telah menyalahgunakan tidak dapat ditemukan, individu yang bersalah (yaitu orang yang meminjamkan foto tanpa izin) dapat ditemukan. Teknologi digital telah mengubah semua itu. Berbagi foto digital memfasilitasi penggandaan besar-besaran dan penyebaran dengan cara yang singkat ke pengguna lain.
Standar dan kebijakan yang dirancang untuk membuat perilaku yang baik lebih mudah dan oleh karena itu lebih mungkin diperlukan. Kebijakan tersebut, biasanya, akan menentukan siapa yang dapat menggunakan atau memodifikasi sumber daya, dan dalam kondisi apa. Kebijakan kesadaran melibatkan dan memastikan pengguna telah mengakses dan memahami pandangan kebijakan yang terkait dengan sumber daya Web tertentu, yang tidak hanya akan mendukung perilaku yang baik namun memungkinkan untuk mengidentifikasi pelanggaran dan akar dari perilaku buruk.
Kebijakan kesadaran, karena konteks tertentu dari Web, harus sangat berbeda dari pendekatan saat ini untuk informasi keamanan dan kontrol akses, yang memanfaatkan mekanisme yang memerlukan koordinasi dan pemeliharaan yang mahal dan oleh karena itu sangat menentukan untuk penggunaan umum di web. Bahkan pengontrolan password secara rutin bisa menjengkelkan.
Web memerlukan deskripsi kreatif langkah-langkah keamanan, bukan dari resep dan mekanisme, dan sejumlah pendekatan telah telah dikembangkan untuk menyusun kebijakan. Pada awalnya telah dibuat infrastruktur yang sesuai untuk desentralisasi dan demokrasi web, tetapi masih banyak yang harus dilakukan untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas digunakannya informasi secara benar.
selanjutnya akan dilanjutkan oleh:
6.2 Copyright (Hak Cipta)
oleh Anna Fitria
http://websciencetugaspws.blogspot.com/2011/02/62-copyright-hak-cipta.html
6.3 Transgressive behaviour
oleh Ikhsan Pragatama
http://prikitiw-ixan8.blogspot.com/2011/03/blog-ini-merupakan-lajutan-dari-6.html
6.4 Privacy and Identity
oleh M. Jeffri Adryansyah
http://jevrie-brothers.blogspot.com/2011/03/64.html
6.5 The economics of information and communication
oleh Merry Olivia
http://merry-olivia.blogspot.com/2011/03/65-ekonomi-informasi-dan-komunikasi.html
6.6 A liberal hegemony?
oleh Sukesi
http://kesie27-zzz.blogspot.com/2011/03/web-pemerintahan-keamanan-dan-standar.html