Minggu, 17 April 2011

pengetahuan WEB

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju membuat suatu informasi semakin dibutuhkan. Permintaan akan suatu pengetahuan, politik, kommersial dan banyak lagi semakin meningkat. Maka dibentuklah Web Science yang merupakan pembelajaran web pengetahuan sains sistem informasi. Web Science sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners yang sejak tahun 1990 memperkenalkan web (World Wide Web).
Terdapat beberapa generasi pada web science, yaitu :
Generasi pertama yaitu Web 1.0. Web1.0 di sini masih bersifat read-only saja.
Kemudian generasi kedua yaitu Web 2.0 ditandai dengan dimulainya kegiatan sosial, diikuti semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, facebook dan sebagainya. Pada generasi ini terdapat kekurangannya yaitu pada penanganan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Sedangkan generasi Web 3.0 mencoba menyempurnakan dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan 'budaya' sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepemimpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Tujuannya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. The Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. The Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentang Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.